Langsung ke konten utama

5 Manfaat Pemberian Telur Puyuh untuk Ayam Aduan

Gambar : pixabay

Dalam dunia ternak ayam aduan tentunya kita sangat menginginkan ayam yang selalu dalam kondisi sehat serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, bukan hanya pola tarung yang indah saja. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan yang baik dan tepat agar ayam aduan memiliki keduanya sehingga ayam tidak hanya memiliki pola tarung yang indah tapi juga memiliki kondisi fisik yang baik guna mendorong performa ayam saat berlaga di dalam arena.

Pemberian nutrisi tambahan dari jamu dan ramuan tradisional lainnya merupakan salah satu cara yang sudah lama dilakukan sejak dahulu. Hal ini dilakukan agar ayam aduan bisa mendapatkan tambahan nutrisi selain dari pakan utama saja.

Bukan rahasia umum lagi jika ayam dengan perawatan yang terbaik akan menjadi raja di arena laga. Terdapat banyak sekali tips perawatan yang bisa dilakukan salah satunya adalah pemberian makanan tambahan untuk ayam aduan. Pemberian makanan tambahan ini merupakan suatu hal yang wajib diberikan untuk ayam aduan.

Salah satu diantara sekian banyak pilihannya adalah telur. Telur menjadi salah satu pemberian pada ayam aduan yang sangat bermanfaat karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam.

Telur puyuh adalah salah satu telur yang sering diberikan oleh para peternak karena mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi dengan harga yang lebih murah dari jenis telur lainnya namun tidak kalah berkhasiat untuk ayam aduan.

Manfaat Telur Puyuh untuk Ayam Aduan

  • Sebagai sumber protein untuk ayam aduan
Protein dibutuhkan oleh tubuh ayam untuk dijadikan sebagai sumber energi, menjaga stamina, memelihara kesehatan kulit dan bulu ayam, serta membangun dan menguatkan massa otot pada ayam aduan, sehingga ayam akan terlihat lebih prima serta memiliki postur yang ideal.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam aduan
Telur mini yang dihasilkan oleh burung puyuh ini ternyata kaya akan vitamin A dan juga kolin, kedua nutrisi ini bekerja sama untuk menjaga kerja sistem imun tubuh dalam mencegah risiko serangan berbagai penyakit dan infeksi, serta berguna untuk memelihara fungsi sistem saraf dan mata pada ayam aduan.
  • Sebagai sumber energi cadangan untuk ayam aduan
Dengan pemberian telur puyuh secara rutin kepada ayam aduan, maka ini akan membantu ayam aduan saat latihan ataupun di abar, tenaga ayam aduan akan cepat pulih kembali serta stamina ayam semakin meningkat dan tidak gampang lelah.
  • Tinggi selenium dan zat besi
Telur puyuh mengandung lebih banyak selenium dan zat besi daripada telur ayam. Selenium berfungsi untuk memelihara fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA, sedangkan zat besi berfungsi memproduksi sel darah merah untuk mencegah anemia atau biasa disebut penyakit kuning pada ayam aduan. Kombinasi zat besi dan selenium dibutuhkan tubuh ayam untuk memperlancar proses metabolisme otot serta membantu memelihara kesehatan pembuluh darah pada ayam aduan.
  • Bebas dari bakteri salmonella
Dibandingkan dengan pemberian telur ayam yang berpotensi membuat pencernaan ayam aduan terkena bakteri salmonella, akan lebih baik jika diberikan telur puyuh yang memang lebih aman dari bakteri salmonella yang dapat menginfeksi sistem pencernaan ayam aduan.


Pemberian telur puyuh bisa dilakukan dengan cara merebus hingga matang ataupun dengan cara memberikan secara langsung. Telur yang terbaik adalah telur yang masih segar dan tidak busuk. Oleh sebab itu, selalu perhatikan keadaan telur sebelum memberikannya pada ayam aduan agar ayam terhindar dari berbagai macam penyakit terutama penyakit pada pencernaannya.

Pemberian telur yang matang tentu saja sangat baik untuk proses metabolisme yang lebih lancar. Namun, jika peternak ingin memberikannya secara langsung juga bisa saja dengan catatan telur dibersihkan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Pemberian telur puyuh untuh ayam aduan sangat banyak sekali manfaatnya bahkan lebih baik dari telur ayam sekalipun. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada telur puyuh hampir sama dengan telur ayam biasa bahkan dari segi keamanan dari bakteri, telur puyuh lebih aman daripada telur ayam biasa. Tetapi tetap saja pemberian telur puyuh tidak boleh berlebihan agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

Komentar

  1. Terima kasih atas informasinya kak :) Sangat bermanfaat sekali untuk pemula..
    Mau tnya kak, Cara Menguatkan Kaki Ayam Bangkok Aduan yang ada di link ini :
    https://pemainayam.club/cara-menguatkan-kaki-ayam-bangkok-aduan Benar tidak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara tersebut juga sudah benar mas, menurut saya cara tersebut lebih mengarah kepada latihan fisik yang sekaligus memiliki manfaat lainnya selain hanya untuk menguatkan kaki ayam.

      Hapus
  2. Maksud tlur puyuh itu yg udh mateng apa mentah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diberikan secara mentah ataupun matang. Namun lebih baik diberikan matang saja agar lebih mudah dan penyerapannya lebih optimal.

      Hapus
    2. Pemberiannya langsung sama kulit atau tidak

      Hapus
    3. Sebaiknya di pisahkan mas, jangan di beri dengan kulit karena kulit telur lebih lama penyerapannya di tubuh ayam.

      Hapus
  3. Apakah ayam usia 4 bulan juga boleh di berikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, namun sebaiknya pemberiannya secukupnya saja. Tidak perlu terlalu rutin.

      Hapus
  4. Klo misalnya di berikan lansung, diambil kuningnya aja apa sama putihnya langsung di kasihkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik diberikan saja dengan putihnya juga mas, karena kandungan dari putihnya cukup baik dan lengkap.

      Hapus
  5. Baiknya di berikan tiap hari atau ada jarak waktu tertentu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ayam yang sudah dewasa atau sudah berumur diatas 8 bulan sebaiknya diberikan 3-4 kali dalam seminggu. Namun untuk ayam yang akan di adu tarung maka lebih baik ditingkatkan hingga 3-6 kali dalam satu minggu.

      Hapus
  6. Kalau umur 7 bulan trus di minumkan telur ayam kampung,, seminggu brpa kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk pemberian telur ayam kampung bisa diberikan kuningnya saja sekitar 3-4 kali untuk ayam rawatan.

      Hapus
  7. Kalo pemberian telur puyuh sebaiknya mentah atau di rebus dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya direbus saja terlebih dahulu agar lebih steril sistem metabolisme ayam lebih sehat.

      Hapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran silakan pada Kolom yang telah disediakan

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil