Langsung ke konten utama

Manfaat serta Khasiat Pemberian Pisang untuk Ayam Aduan

Permisi dan selamat datang rekan-rekan sehobi di blog yang sederhana ini, kali ini kita akan membahas tentang khasiat pemberian pisang untuk ayam aduan. Dalam dunia sabung ayam, tentunya kondisi fisik dan mental sangat ditentukan oleh asupan nutrisi yang didapat oleh sang ayam. Asupan nutrisi tersebut bisa didapat dari pakan utama, makanan tambahan serta jamu yang kita berikan setiap harinya. Begitu banyak ragam makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kondisi ayam aduan salah satunya dari buah. Buah dari sejak dahulu sudah banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas asupan nutrisi ayam aduan.

Dari sekian banyaknya buah yang mengandung gizi tinggi, salah satu buah yang sejak dulu sudah banyak digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ayam aduan adalah buah pisang. Buah pisang ini tergolong buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Selain karena buah ini mudah tumbuh di daerah mana saja, buah pisang juga termasuk buah yang cukup cepat dalam berkembang biak, apalagi di daerah tropis. Hal inilah yang membuat buah pisang sangat mudah ditemukan dimana saja karena dapat dengan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, buah pisang sangatlah mudah diperoleh di pasar tradisional ataupun pasar buah.

Pisang, Buah Pisang, Khasiat Buah Pisang untuk Ayam
Gambar : pixabay

Jika membahas tentang buah pisang, tentu saja kita harus menjelaskan apa saja kandungan yang terdapat pada buah pisang tersebut sehingga buah ini sangat umum digunakan oleh para peternak.
Baca Juga : Manfaat Mengkudu untuk Ayam Aduan yang Sangat Istimewa

Kandungan Buah Pisang

  1. Karbohidrat
  2. Vitamin C
  3. Vitamin A dan E
  4. Vitamin B6
  5. Potasium
  6. Serat
  7. Mangan
  8. Magnesium
  9. Kalsium
  10. Fosfor
  11. Asam Folat
  12. Beta Karoten
  13. Asam Amino

Setelah kita tahu kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah pisang, maka selanjutnya kita akan mengulas tentang manfaat buah pisang untuk ayam aduan.

Berdasarkan dari kandungan gizi di atas, maka kita sudah dapat menyimpulkan bahwa pisang adalah salah satu sumber energi bagi tubuh ayam aduan. Terdapat banyak sekali nutrisi baik yang terkandung di dalam buah pisang, tentunya akan banyak juga manfaat yang bisa diperoleh ayam aduan ketika mengonsumsi buah pisang ini.

Manfaat Buah Pisang untuk Ayam Aduan

  • Sebagai Sumber Energi Untuk Ayam Aduan
Kandungan karbohidrat yang terdapat pada buah pisang ternyata mampu dijadikan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh ayam. Bahkan, karbohidrat bisa dijadikan sebagai energi cadangan saat dibutuhkan tubuh ayam dalam kondisi tertentu.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ayam Aduan
Pemberian buah pisang pada ayam aduan ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam aduan secara signifikan. Hal ini karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah pisang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga dari berbagai macam serangan penyakit yang mengancam. Selain itu, kandungan potasium pada buah pisang juga sangat berguna dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ayam aduan serta mampu mencegah kram otot setelah ayam di abar ataupun pasca bertarung.
  • Melancarkan Pencernaan Dan Proses Metabolisme Ayam Aduan
Kandungan serat dan mangan yang terdapat di dalam buah pisang sejatinya mampu menjaga sistem pencernaan dan proses metabolisme tubuh ayam menjadi lebih baik lagi. Selain itu, mangan juga merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang ayam aduan.

Selain dari ketiga manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang terdapat di dalam buah pisang. Namun kami hanya memaparkan berdasarkan manfaat pokoknya saja. Buah yang satu ini sebaiknya diberikan kepada ayam dengan tujuan agar ayam bisa mendapatkan nutrisi yang cukup beragam serta memenuhi kebutuhan asupan nutrisi untuk ayam aduan.

Dalam perawatan ayam aduan, sebenarnya dibutuhkan kesabaran dan proses pembelajaran yang tidak pernah ada kata cukup, karena semakin kita banyak ilmu maka semakin banyak pula pengalaman dan hal yang bisa kita aplikasikan untuk perawatan ayam aduan. Pemberian nutrisi tidak hanya terpaku saja pada pakan utama namun juga bisa kita dapatkan dari makanan tambahan atau biasa disebut ekstra fooding. Silakan berikan sesuai dengan apa yang Anda rasa sangat baik untuk kesehatan ayamnya.

Itulah tadi beberapa ulasan kita tentang khasiat pemberian pisang untuk ayam aduan. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda para peternak sekalian.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil