Langsung ke konten utama

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Tembolok Ayam, Mengatasi Tembolok Ayam, Sakit Tembolok
Gambar : Pixabay


Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya.

Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul.

Secara umum, pengobatan bisa dilakukan dengan cara pemberian obat oral yang mampu menekan tembolok yang tertinggal itu, bisa juga dengan mengeluarkan seluruh makanan yang masih tersisa di dalam tembolok, dan bahkan tindakan operasi sekalipun jika kita memang cukup mengerti dengan caranya. Berbagai pengobatan yang akan saya jelaskan hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja. Berikut adalah caranya.

Cara Mengobati Tembolok Ayam yang Tidak Turun

  • Dengan pemberian obat oral

Obat oral sebenarnya banyak dijual di pasaran namun jika kita ingin menggunakan obat tradisional bisa dengan menggunakan timun, kunyit dan bawang putih, pisang dll. Untuk pemberian oral ini biasanya juga saya menggunakan yakult, mungkin sedikit terdengar aneh tapi nyatanya yakult mampu membuat pencernaan ayam menjadi normal kembali. Yakult bekerja dengan cara mengeluarkan seluruh bakteri jahat yang ada di usus dan pencernaan ayam, artinya yakult dapat membersihkan tembolok ayam dari berbagai macam bakteri jahat. Bahkan pemberian yakult juga bisa diberikan untuk ayam yang sehat, ini bertujuan agar fungsi pencernaan dari ayam tetap terjaga dan berfungsi dengan sangat baik.

  • Membilas Tembolok Ayam

Mungkin hal ini juga banyak dilakukan oleh para peternak di luar sana, namun saya akan membagikan cara yang biasa saya lakukan sendiri dan sudah terbukti ampuh.

Langkah pertama pijit secara halus dan perlahan tembolok ayam, cekokkan 2-3 sendok makan campuran minyak goreng dan garam secukupnya kemulut ayam. Sambil tetap dipijit, selang 5 menit berikan air hangat secukupnya kemudian tunggingkan ayam hingga kepala menghadap kebawah, urut tembolok sampai seluruh makanan yang ada di dalam keluar semuanya. Ini dinamakan membasuh tembolok ayam. Cara ini hanya dilakukan jika penyebab dari tembolok ini adalah makanan yang susah untuk dicerna seperti besi, plastik ataupun karet. Jika seluruh makanan telah keluar maka ayam cukup diberi minum saja dulu selama sehari, atau bisa juga hanya diberikan makanan yang mudah dicerna untuk menormalkan kembali fungsi pencernaan ayam.

  • Dengan Tindakan Operasi

Tindakan operasi hanya dilakukan jika keadaan tembolok sudah parah atau bahkan sulit untuk disembuhkan dengan kedua cara diatas. Tindakan ini biasanya dilakukan jika ayam menelan paku yang membuat sulit untuk dikeluarkan dengan cara membilas tembolok.

Langkah pertama adalah belah kedua lapisan tembolok menggunakan pisau cutter yang telah direndam air panas atau diberi alkohol 70%, pencet dan keluarkan seluruh isi tembolok sampai benar-benar kosong, jahit lapisan pertama menggunakan jarum yang telah direndam air panas, semprotkan antibiotik kebagian yang telah dijahit, setelah itu jahit kembali lapisan kedua dan semprotkan juga antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi. Selama masa ini berikan makanan ayam hanya dengan makanan yang mudah dicerna saja dulu.

Dalam setiap pengobatan yang dilakukan tentunya punya tujuannya masing masing termasuk cara saya diatas, mungkin diantara para peternak senior di Indonesia punya trik dan caranya masing-masing namun yang pastinya tujuan utamanya pun sama. Jadi silakan kita sama sama saling belajar dan berbagi ilmu saja, ini saya bagikan hanya berdasarkan kemampuan pribadi dan tentunya dengan pengalaman yang telah saya coba sendiri. semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi untuk kemajuan peternakan di indonesia dan salam satu hobi.

Komentar

  1. Ayam yg sakit temboloknya mengeras, bgmana mengobati sakitnya padahal obat yg diberikan tdk bisa masuk ke perut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika semua cara pengobatan telah dilakukan dan tidak ada hasil, maka sebaiknya lakukan tindakan operasi/membilas tembolok ayam sebagai langkah yang lebih serius mas.

      Hapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran silakan pada Kolom yang telah disediakan

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan