Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Penyakit Korep pada Ayam Aduan

Penyebab penyakit korep pada ayam aduan, cara mencegah penyakit korep pada ayam aduan, cara mengobati penyakit korep pada ayam aduan
Penyakit Korep pada Ayam Aduan

Dalam dunia ternak ayam khususnya ayam aduan, penyakit korep bukanlah suatu hal yang aneh. Serangan berbagai macam penyakit bukan lagi hal yang musti dianggap aneh dalam perawatannya. Berbagai macam jenis penyakit bisa saja menyerang baik penyakit yang berasal dari virus maupun bakteri serta penyakit yang berasal dari luka akibat pertarungan. Namun, kali ini kita akan membahas tentang penyakit yang menyerang dari luar yakni penyakit korep.

Penyakit korep merupakan penyakit yang timbul akibat adanya infeksi bakteri yang menyerang kulit ayam aduan terutama  pada bagian muka serta jengger ayam. Penyakit korep atau sering juga disebut kurap ini salah satu penyakit yang mungkin tidak berisiko tinggi untuk menyebabkan kematian, namun jika dibiarkan maka akan membuat ayam gampang untuk terinfeksi beberapa penyakit lainnya khususnya penyakit kulit.

Dari beberapa kasus penyakit korep, kebanyakan para peternak belum banyak tahu tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengobati ataupun melakukan pencegahan sebelum ayam terinfeksi penyakit korep ini. Tentunya ada beberapa hal yang mempengaruhi timbulnya penyakit korep ini, penyakit korep harusnya tidak boleh dianggap remeh karena penyakit ini dapat menular ke ayam lainnya jika terjadi kontak langsung ataupun lewat perantara seperti penggunaan beberapa tempat perawatan yang sama dengan ayam yang sedang terinfeksi penyakit korep. Contohnya penggunaan spon yang sama antara ayam aduan yang sedang terinfeksi dan ayam yang belum terinfeksi penyakit korep.

Jika kita bicara soal penyakit korep, pastinya kita juga harus membahas tentang apa saja penyebab yang bisa menimbulkan penyakit korep pada ayam aduan. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan sehingga timbul infeksi penyakit korep pada ayam aduan yaitu.

Penyebab Timbulnya Penyakit Korep pada Ayam Aduan

  • Kondisi kulit ayam aduan yang kurang bersih.
  • Luka ayam yang tidak dibersihkan dengan baik sehingga menyebabkan terjadinya infeksi bakteri pada bekas luka ayam aduan tersebut.
  • Kondisi udara yang lembab akan menyebabkan bakteri lebih mudah untuk berkembang biak dan menginfeksi.
  • Kulit ayam aduan kurang terkena sinar matahari langsung sehingga mudah untuk diinfeksi oleh bakteri penyebab penyakit korep.
  • Penularan dari ayam aduan lainnya yang sedang terkena penyakit korep juga bisa menjadi penyebab utama.
Terdapat banyak sekali hal yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit korep pada ayam aduan. Maka dari itu kita wajib waspada agar ayam tidak mudah terinfeksi penyakit korep. Namun jika ayam kita sudah terlanjur terinfeksi maka langkah yang harus kita tempuh adalah melakukan pengobatan secara tepat dan cepat. Beberapa cara diantaranya adalah.
Baca Juga : Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan yang Tepat

Cara Mengobati Penyakit Korep pada Ayam Aduan

Sebenarnya ada banyak sekali metode dan cara pengobatan yang bisa kita gunakan baik secara alami maupun dengan menggunakan obat buatan pabrik seperti salep atau obat oles lainnya. Namun, jika kita ingin menggunakan metode alami maka bisa dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Menggunakan minyak goreng jika infeksi belum termasuk ke dalam kategori parah atau masih dalam tahap awal. Caranya, bersihkan terlebih dahulu kulit ayam kemudian oleskan minyak goreng ke seluruh bagian kulit yang terinfeksi penyakit korep. Lakukan selama minimal dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.
  2. Selanjutnya bisa dengan menggunakan bawang putih yang telah dihaluskan kemudian oleskan ke daerah kulit yang terkena penyakit korep. Berikan setiap hari sampai penyakit korep benar-benar sembuh.
  3. Berikutnya dengan menggunakan keong mas/bekicot dengan kunyit. Caranya bersihkan terlebih dahulu menggunakan sikat gigi atau kuku, oleskan lendir yang terdapat pada tubuh keong atau bekicot hingga rata di permukaan kulit ayam aduan, kemudian berikan parutan kunyit agar lebih maksimal.
  4. Selanjutnya dengan menggunakan minyak goreng yang dicampur dengan belerang. Berikan kepermukaan kulit yang terkena korep secara merata sebanyak dua kali dalam satu minggu hingga penyakit korep benar-benar sembuh.
Penyakit korep sebenarnya cukup mudah untuk diatasi selama pengobatan yang kita lakukan sudah tepat. Biasanya, penyakit korep yang masih dalam tahap awal akan sembuh paling lama satu minggu dengan cara pengobatan di atas. Namun, penyakit korep juga bisa dicegah dengan selalu memperhatikan kebersihan ayam aduan terutama pada luka ayam sehabis bertarung.

Selama dalam proses pengobatan, sebaiknya ayam aduan tidak usah dimandikan agar pengobatan bisa berjalan lebih efektif. Memandikan ayam aduan hanya akan memperparah infeksi dan membuat penyakit korep tersebut lebih mudah menyebar ke bagian tubuh ayam lainnya. Pemenuhan nutrisi dari dalam juga sangat bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan pada infeksi penyakit korep ini. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan sangat baik diberikan agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil