Langsung ke konten utama

Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Cacingan pada Ayam

Penyakit Cacingan, Gejala penyakit cacingan pada ayam, Cara mengobati Penyakit Cacingan pada Ayam
Cacing yang Keluar dari Feses Ayam

Selamat datang di blog kami ini, kali ini kita akan mengulas tentang gejala dan cara mengobati penyakit cacingan pada ayam. Mungkin penyakit cacingan ini adalah salah satu penyakit yang sulit di deteksi sejak awal, karena ciri-ciri yang ditimbulkan tidak secara langsung tetapi bertahap dan tidak semua peternak bisa mengetahuinya dengan mudah apalagi bagi peternak yang masih baru atau pemula. Sebelum lebih dalam lagi mengenai penyakit cacingan, maka sebaiknya kita tahu dulu apa itu penyakit cacingan.

Penyakit cacingan adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh cacing atau parasit yang menggunakan usus ayam sebagai inangnya. Penyakit cacing ini seringkali menyerang ayam tanpa batasan usia dan ukuran dari ayam itu sendiri. Adapun ayam yang terkena infeksi cacing ini akan mengalami banyak sekali kondisi fisik yang tidak normal hingga menghambat pertumbuhan dari sang ayam dan bahkan bisa saja menimbulkan kematian jika infeksinya sudah semakin parah dan tidak segera diatasi dengan benar.

Faktor Pemicu Timbulnya Penyakit Cacingan pada Ayam

  • Suhu sebenarnya salah satu hal yang biasa menjadi prevalensi timbulnya penyakit cacingan pada ayam, penyakit cacingan cenderung lebih sering terjadi di daerah yang mempunyai suhu lebih hangat.
  • Kondisi udara dan sanitasi yang buruk juga termasuk faktor pemicu dari timbulnya penyakit cacingan pada ayam, infeksi cacing biasanya akan lebih mudah timbul jika kondisi udara dan sanitasi pada suatu kandang cukup buruk.
  • Pakan yang kurang bersih mungkin adalah faktor yang tidak bisa dihiraukan lagi, mengingat pakan adalah hal yang berhubungan langsung dengan sistem pencernaan terutama usus. Pakan yang kurang bersih dan sehat akan lebih mudah menyebabkan ayam terkena serangan penyakit cacingan.
  • Kondisi kandang yang kotor akan lebih mudah membuat parasit dan larva cacing untuk berkembang biak, tentunya hal ini semakin menjadikan ayam lebih gampang terinfeksi penyakit cacingan.
  • Kebersihan tempat pakan adalah salah satu faktor pemicu yang tidak bisa dihiraukan lagi, segala hal yang berhubungan dengan pakan pastinya akan menjadi hal utama timbulnya penyakit cacing ini.

Setelah mengetahui beberapa faktor yang memicu timbulnya penyakit cacingan pada ayam maka tentunya kita harus tahu apasaja gejala yang timbul jika ayam kita ternyata sudah terinfeksi penyakit cacingan ini.

Gejala yang Timbul pada Ayam yang Telah Terinfeksi Penyakit Cacingan

  1. Nafsu makan ayam semakin berkurang bahkan ayam tidak sama sekali memiliki nafsu untuk makan.
  2. Muka ayam terlihat lebih pucat juga diikuti oleh seluruh permukaan kulit pada ayam.
  3. Mata ayam lebih sering berbusa dan terlihat lebih lesu dari biasanya.
  4. Bobot ayam semakin menurun walaupun ayam banyak makan, badan lebih terlihat lesu dan kurang lincah.
  5. Gejala yang lebih pasti adalah kotoran yang dikeluarkan oleh ayam akan terdapat beberapa cacing-cacing. Namun yang keluar ini bukanlah semuanya karena masih banyak lagi yang tertinggal di dalamnya dan berkembang biak.

Ayam yang sudah terjangkit penyakit cacingan ini akan mengalami tanda-tanda kurang lebih seperti di atas. Jika hal ini dibiarkan dan berlangsung dengan lama maka bobot ayam akan semakin menurun yang berdampak pada kematian. Langkah yang harus dilakukan setelah timbulnya gejala tersebut adalah pengobatan.

Terdapat banyak sekali jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk ayam kita, baik dari cara tradisional maupun dengan penggunaan obat buatan pabrik. Namun kali ini kami tidak akan membahas penggunaan obat buatan pabrik mengingat penggunaannya yang sudah jelas dan tertera di dalam brosur kemasan. Kami hanya akan memberikan tips dengan menggunakan obat tradisional atau obat herbal alami.

Cara Mengobati Penyakit Cacingan pada Ayam

Alam telah banyak menyediakan obat yang tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya, tentunya dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan maka akan didapatkan hasil yang maksimal pula. Beberapa cara diantaranya bisa disimak dari tips-tips berikut ini.
  1. Pinang adalah salah satu obat cacing untuk ayam yang telah lama digunakan karena bukti dan khasiatnya yang telah dipercaya oleh setiap peternak dan mampu memberikan hasil yang cukup efektif. Walaupun buah pinang cukup sulit untuk didapat karena pohonnya yang menjulang namun dalam menggunakan pinang ini harus diperhatikan dosisnya. Gunakan pinang yang masih muda agar lebih maksimal, berikan 1/4 buah potongan buah pinang untuk ayam umur 7 bulan kebawah dan 1/2 potong pada ayam usia 7 bulan keatas dengan cara dilolohkan langsung pada mulut ayam di pagi hari sebelum ayam diberi makan atau tembolok ayam dalam keadaan kosong. Berikan air minum agar tidak terlalu panas didalam tubuh ayam.
  2. Bawang putih ternyata mempunyai banyak sekali khasiat untuk ayam terutama dalam mengobati penyakit cacingan pada ayam. Kandungan yang terdapat pada bawang putih terbukti mampu mencegah timbulnya infeksi cacing pada ayam, caranya adalah parut satu siung bawang putih dan berikan langsung pada ayam di pagi hari sebelum ayam diberi makan.
  3. Berikan air rebusan daun tembakau kepada ayam agar semua cacing yang menginfeksi ayam menjadi keluar seluruhnya bersamaan dengan kotoran yang dikeluarkan tersebut. Berikan di pagi hari saat sebelum ayam diberi makan agar lebih efektif.
  4. Kandungan daun pepaya terbukti mampu mengobati serta mencegah penyakit cacingan pada ayam. Dalam pemberiannya pun cukup mudah karena bisa diberikan setiap hari sebagai pakan tambahan yang memiliki banyak sekali manfaat. Berikan daun pepaya yang masih muda untuk mengobati penyakit cacingan pada ayam.
  5. Temu ireng mengandung senyawa aktif yang bernama flavonoid yang salah satu fungsinya yakni mencegah timbulnya cacing pada usus ayam dengan cara memutus rantai hidup perkembangbiakan cacing didalam usus ayam tersebut. Sehingga cacing akan keluar bersamaan dengan kotoran ayam. berikan temu ireng pada saat pagi hari saat sebelum ayam diberi makan.

Kesimpulan

Penyakit cacingan sebenarnya penyakit yang berasal dari parasit atau cacing yang berkembang biak di dalam usus ayam. Jika tidak segera diatasi maka rantai hidup dari cacing ini akan semakin kuat dan sulit untuk di obati. Namun, penyakit ini tentu saja bisa dicegah dengan cara menjaga asupan makanan yang sehat serta memiliki kandungan yang baik. Selain itu, jika infeksi pada usus ayam telah parah dan cukup sulit untuk diatasi, maka sejauh ini buah pinang adalah pilihan yang paling tepat dalam membasmi penyakit cacingan baik dari tingkat yang masih baru ataupun yang sudah parah.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil