Langsung ke konten utama

Cara Ampuh dalam Mengobati Ayam Turun Urat

Cara mengobati ayam turun urat, ciri-ciri ayam turun urat, cara mengatasi ayam turun urat, pengobatan ayam turun urat
Ayam Turun Urat

Dalam dunia sabung ayam aduan, sering sekali kita mendengar tentang berbagai penyakit yang menyerang ayam aduan saat setelah ayam habis ditarungkan. Ini bukan suatu hal yang aneh mengingat hal tersebut adalah wajar karena apa yang dialami oleh ayam di dalam arena sudah kita tahu dampak dan resiko yang akan didapatkan oleh ayam aduan tersebut. Kondisi kelelahan dan sistem kekebalan tubuh ayam aduan yang sedang menurun akan membuat berbagai macam penyakit lebih mudah untuk menyerang ayam aduan seperti penyakit turun urat atau tedun.

Penyakit turun urat atau tedun adalah salah satu penyakit yang sering sekali menyerang ayam aduan kita saat setelah ayam ditarungkan. Biasanya, penyakit ini terjadi karena ayam yang ditarungkan masih berusia sangat muda sehingga gampang sekali menyerang ayam aduan tersebut.

Sebenarnya ayam yang sudah berpengalaman sekalipun atau sudah berumur dewasa bisa saja terkena namun kemungkinannya lebih sedikit dibanding ayam yang masih berusia muda atau masih pemula. Hal ini karena kondisi otot serta tulang dari ayam yang sudah berumur lebih kokoh dan sudah lebih kuat. Namun, masih banyak sekali para botoh yang bingung dengan cara mencegahnya atau bahkan untuk melakukan pengobatan. Nah mengenai hal ini maka kita akan membahas tentang cara mengobati ayam turun urat yang tepat.

Ayam turun urat bisa sembuh, menyembuhkan ayam turun urat, penanganan ayam turun urat, ayam turun urat habis diadu
Gambar Ayam Turun Urat

Sebelum itu mari kita bahas tentang cara mencegah dan ciri-ciri ayam aduan yang terkena penyakit turun urat (tedun).

Cara Mencegah Ayam Turun Urat


  • Sebelum ayam ditarungkan, sebaiknya lakukan perenggangan serta pengurutan kecil kebagian kaki, betis serta paha ayam agar peredaran darah menjadi lebih lancar dan tidak kaku.
  • Usahakan hindari lantai yang keras untuk menghindari hentakan kaki yang beresiko bagi kaki ayam.
  • Setelah pertarungan selesai, renggangkan kembali kaki ayam serta berikan penguratan kecil agar aliran darah kembali lancar.
  • Umbar ayam agar otot-otat kaki tidak kaku yang bisa berisiko menimbulkan penyakit turun urat ini.
  • Kompres kaki ayam aduan serta bagian tubuh ayam lainnya dengan air hangat yang telah dicampurkan daun sereh sebagai aromaterapi untuk ayam aduan.

Ciri-ciri Ayam Aduan yang Turun Urat (tedun)

  • Kaki ayam aduan terasa lebih panas dari biasanya.
  • Ayam lebih sering mengangkat salah satu kaki yang terkena penyakit tedun dan terlihat kurang nyaman.
  • Ayam berjalan tidak normal (pincang).
  • Kaki ayam menjadi lebih besar (bengkak) pada fase yang paling parah.
Pada dasarnya, ayam yang telah diadu tidak selamanya akan terkena penyakit turun urat. Hanya sebagian besar saja yang memiliki resiko terkena penyakit turun urat ini. Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi timbulnya penyakit turun urat seperti durasi pertarungan yang lama, suhu tubuh ayam yang terlalu dingin, peredaran darah ayam yang tidak begitu lancar (tidak normal), ayam kurang bergerak setelah diadu (kaku), dan beberapa faktor lainnya.

Terdapat beberapa cara pengobatan yang sering dilakukan oleh setiap botoh di Indonesia seperti dengan menggunakan cara tradisional. Namun yang paling gampang dan lebih praktis adalah dengan cara pemberian obat buatan pabrik yang banyak beredar di pasaran. Di bawah ini merupakan cara yang sangat sederhana tetapi sangat ampuh dalam mengobati penyakit turun urat.

Cara Mengobati Ayam Turun Urat

  • Bersihkan kaki ayam terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan.
  • Kompres kaki ayam secara rutin menggunakan air dingin (es) selama kurang lebih lima menit.
  • Rendam kaki ayam ke dalam air garam selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Lakukan pijatan sedang setiap kali mengompres dan merendam kaki ayam.
  • Balut kaki ayam dengan menggunakan campuran sereh, daun sirih, bawang putih serta tumbukan kunyit untuk meringankan rasa sakit.
Baca Juga : Penggunaan Sepatu Bubul pada Ayam Aduan, Benarkah Efektif?
Setelah melakukan penanganan dan pengobatan kemudian kaki ayam menjadi sembuh. Biasanya timbul pertanyaan "apakah ayam turun urat bisa diadu lagi?" atau "apakah ayam yang sudah sembuh dari turun urat bisa diadu kembali?". Jawabannya adalah bisa, ayam aduan yang telah sembuh dari penyakit turun urat bisa kembali diadu dengan catatan ayam tersebut telah lama sembuh dari penyakit turun urat ini.

Ayam turun urat biasanya akan lebih membutuhkan waktu untuk bisa kembali diadu dan bisa mengembalikan performa seperti biasanya. Dalam hal ini, yang paling berdampak pada performa ayam aduan adalah kualitas pukulannya. Tentu saja perubahan dari ayam aduan akan sedikit berdampak pada daya pukul, kuda-kuda serta langkah kaki ayam yang sedikit berubah. Namun hal ini bisa kembali normal seiring dengan berjalannya waktu dengan pola latihan yang diberikan kepada ayam aduan tersebut.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil