Langsung ke konten utama

Perawatan 10 Hari Sebelum Ayam Di Adu

Perawatan ayam sebelum di adu sangatlah penting agar ayam bisa maksimal di arena laga
Perawatan ayam sebelum di adu


       Selamat datang di blog yang sederhana ini, kali ini kita akan mengulas tentang perawatan 10 hari sebelum ayam di adu. setiap ayam petarung yang akan di adu dalam arena tentunya tidak serta merta langsung diturunkan melainkan harus menjalani beberapa rangkaian perawatan agar betul betul siap baik dari segi fisik, mental dan juga kondisi penunjang lainnya. Ini dikarenakan dalam tiap pertarungan ayam harus siap bertahan hingga 5-6 airan atau ronde dalam arena, bukan hal mudah tentunya untuk seekor ayam mempunyai kondisi fisik dan mental yang selama itu.

       Ayam dengan kualitas tarung yang istimewa pun belum tentu bisa bertahan dengan waktu yang selama itu tanpa adanya perawatan yang diberikan. sebenarnya saya sendiri membagi jenis perawatan menjadi dua yakni perawatan harian atau biasa kita sebut dengan rawat harian dan yang kedua adalah perawatan untuk adu. namun kali ini kita akan membahas tentang bagaimana kita merawat ayam 10 hari sebelum di adu.

     Setiap ayam jago yang bahkan sudah dapat label tak terkalahkan pun pasti selalu melalui proses yang panjang dalam perawatan serta latihan yang cukup berat, perawatan ini pun sebenarnya dalam setiap botoh pastinya berbeda beda namun mempunyai tujuan yang sama. Nah, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

Cara merawat ayam 10 hari sebelum di adu

     Di hari pertama perawatan sebelum ayam ditarungkan yang pertama saya berikan sarapan berupa protein mentah dan juga 1/4 buah tomat ukuran sedang, protein mentah bisa kita dapatkan melalui daging kambing atau juga bisa kita gunakan daging belut. Saya sebenarnya tidak menganjurkan untuk memberikan daging kambing kepada ayam minimal 3-5 hari sebelum ayam ditarungkan ini karena proses pencernaan pada protein mentah itu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama didalam tubuh, latihan fisik dan mandi juga harus dilakukan selama perawatan ini, penjemuran pun tak boleh luput namun sehari sebelum ayam ditarungkan penjemuran dihentikan untuk ayam istirahat full.

       Mengenai latihan fisik yang bisa kita berikan sebenarnya setiap ayam tidak boleh sama bentuk latihannya, ini karena setiap ayam baik dalam jenis apapun pasti tidak memiliki pola tarung yang sama juga, artinya tidak semua ayam bisa kita berikan jenis latihan fisik yang sama. Namun secara umum latihan yang sering diberikan pada ayam aduan diantaranya kliter, renang, lompat tali, barbel dan lainnya. selain untuk meningkatkan fisik dan mental ayam, latihan ini juga akan dapat meningkatkan kesehatan tubuh ayam aduan.

       Untuk pemberian jamu saya biasa memberikan jamu buatan sendiri agar lebih puas dengan hasilnya, jamu tersebut bisa anda lihat dipostingan saya yang berjudul cara membuat jamu ayam aduan biar ganas, cara pemberiannya bisa diberikan setiap sore hari setelah ayam diberi makan, hentikan pemberian tiga hari sebelum ayam di adu agar kondisi ayam tidak drop dan kinerja jantung tidak berat.

       Di pagi hari sebelum ayam di bawa ke arena berikan ayam sarapan nasi dan setengah buah pisang untuk cadangan karbohidrat serta energi untuk ayam aduan. serta satu jam sebelum tarung berikan gula merah dicampur asam jawa secukupnya untuk menjaga stamina ayam saat bertarung.

       Dalam perawatan yang saya bagikan di atas adalah cara dengan menggunakan tradisional atau herbal tanpa obat obatan kimia ataupun pabrikan. Dan setiap botoh punya cara yang berbeda beda dengan satu tujuan pastinya. Semoga bermanfaat dan salam satu hobi.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil