Langsung ke konten utama

Manfaat serta Khasiat Daun Sirih untuk Ayam Aduan

Daun sirih

       Sudah sejak jaman dahulu daun sirih telah dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki efek penyembuhan yang sangat baik. Bukan tanpa alasan lagi jika banyak dari para botoh lebih menginginkan perawatan dan pengobatan secara herbal daripada dengan penggunaan bahan kimia pabrik. Oleh sebab itu cara herbal masih saja menjadi hal prioritas dari kebanyakan para botoh karena efek samping yang lebih kecil atau bahkan bisa dikatakan tidak ada, Jadi dalam penggunaannya pun jauh lebih memuaskan dan lebih murah dari segi biaya karena sudah disediakan oleh alam.

       Berbicara mengenai daun sirih pastinya banyak yang sudah tahu penggunaan serta manfaatnya untuk manusia, namun bukan hanya untuk manusia saja tetapi untuk ayam pun daun sirih ini juga memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan ayam aduan. Kandungan yang terdapat pada daun sirih ini merupakan kunci dari segala manfaat yang ada pada daun sirih tersebut, diantaranya minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, kavikol serta beberapa kandungan lainnya.

       Dari kandungan yang terdapat pada daun sirih maka tentunya banyak juga manfaat yang bisa didapatkan oleh ayam.

Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

  • Sebagai anti-biotik alami
       Manfaat yang pertama yaitu sebagai anti-biotik alami untuk ayam. Tidak diragukan lagi jika kandungan daun sirih mampu dijadikan sebagai anti-biotik alami untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah terjadinya infeksi pada luka ayam. Caranya bersihkan luka menggunakan larutan daun sirih sebagai pengganti betadine.
  • Untuk Mencegah Penyakit Kurap
       Daun sirih sebagai salah satu anti-biotik alami, ini tentunya sejalan dengan pencegahan serta pengobatan jika timbul kurap pada muka ayam aduan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. caranya sikat terlebih dahulu pada area kulit yang terkena kurap, baluri dengan menggunakan tumbukan daun sirih.
  • Meningkatkan Nafsu Makan Ayam
       Daun sirih yang diberikan sebagai tambahan pakan atau sebagai makanan campuran untuk ayam aduan ternyata mampu mendorong nafsu makan sang ayam. pemberiannya pun cukup dicincang kecil kecil kemudian dicampurkan dengan pakan utama ayam aduan maka ini akan membuat nafsu makan ayam semakin meningkat.
  • Mengatasi Gangguan Pernafasan Ayam
       Larutan daun sirih yang diberikan pada ayam yang sedang mengalami gangguan pernafasan akan sangat membantu pernapasan ayam kembali normal dan lebih baik lagi.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan pada Ayam
       Karena ayam termasuk kedalam kategori unggas maka pasti kotor adalah hal yang wajar, baik dari makanan serta tempat tinggal ayam dalam hal ini tidak terlepas dari kuman dan bakteri. kondisi ini dengan sangat gampang ayam akan terserang berbagai macam penyakit salah satu diantaranya yakni gangguan pencernaan. pemberian daun sirih pada pakan ayam bisa sangat membantu melancarkan sistem pencernaan ayam aduan serta membuatnya jauh lebih sehat lagi.

  • Menghilangkan Bau pada Ayam
       Selain digunakan untuk menghilangkan bau badan pada manusia, nyatanya daun sirih juga dapat menghilangkan bau pada ayam aduan sehingga ayam terbebas dari berbagai ancaman penyakit kulit akibat kuman dan bakteri serta sekaligus dapat membasmi kutu pada bulu bulu ayam. Caranya cukup memandikan ayam dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

  • Sebagai Pembersih Kandang
       Sifat anti-biotik serta anti-septik alami yang terkandung pada daun sirih ternyata bisa digunakan sebagai salah satu pembasmi kuman dan bakteri yang terdapat pada kandang ayam aduan. Caranya cukup semprotkan air rebusan daun sirih ke setiap permukaan kandang ayam secara merata agar lebih fresh dan segar serta terbebas dari ancaman berbagai macam penyakit.

       Itulah tadi pembahasan kita tentang manfaat serta khasiat daun sirih untuk ayam aduan, semoga bermanfaat serta dapat menginspirasi para rekan rekan botoh sekalian. Dan salam satu hobi.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil