Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Anak Ayam Sakit yang Tepat dan Efektif

Cara mengatasi anak ayam sakit, cara mencegah anak ayam sakit, cara mengobati anak ayam sakit, anak ayam sakit, anak ayam
Gambar : pixabay

Dunia ternak ayam memang menjadi salah satu hal yang cukup menantang untuk di tekuni. Terdapat banyak sekali hal yang perlu di kuasai untuk bisa sukses dan berhasil dalam mengembangkan peternakan yang baik dan besar. Salah satu hal yang wajib di kuasai dalam merawat ternak ayam adalah bagaimana cara menguasai teknik perawatan jika ayam sedang terserang penyakit.

Penyakit pada ayam memang merupakan salah satu masalah yang perlu di atasi dengan cepat karena kebanyakan penyakit yang menyerang ayam bisa sangat berpotensi untuk menular dengan cepat kepada ayam lainnya dengan jangka waktu yang cukup singkat. Salah satu yang paling rentan terkena penyakit yakni pada ayam dengan umur yang masih muda terutama pada anak ayam.

Anak ayam sangat rentan sekali terserang penyakit di sebabkan karena daya tahan tubuh (sistem imun) dari anak ayam masih sangat lemah dan belum terbentuk secara sempurna. Sistem imun yang masih lemah ini tentu saja akan sangat mudah bagi bakteri dan virus untuk dapat menginfeksi sehingga penyakit akan timbul dengan mudah pula. Namun, anak ayam bisa saja mendapatkan sistem imun yang cukup baik jika di lakukan perawatan yang tepat dan efektif.

Perawatan pada anak ayam tentu saja berbeda dengan perawatan ayam yang lebih besar (dewasa) darinya. Untuk perawatan anak ayam sedikit lebih sulit daripada merawat ayam dengan usia yang sudah matang atau lebih dewasa, apalagi dalam hal menjaga kesehatan anak ayam. Oleh sebab itu, perlakuan untuk anak ayam pastinya akan sedikit lebih prioritas untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang terjamin sampai ia dewasa kelak.

Ada berbagai jenis perawatan yang bisa di lakukan untuk mengatasi anak ayam sakit.

Cara Mengatasi Anak Ayam Sakit

  1. Kenali terlebih dahulu jenis penyakit yang sedang menyerang anak ayam dari ciri-ciri yang timbul.
  2. Pisahkan dengan ayam lainnya untuk menghindari terjadinya penularan.
  3. Berikan obat dengan dosis yang tepat, baik menggunakan obat tradisional ataupun dengan obat buatan pabrik yang sesuai dengan gejala yang muncul.
  4. Berikan pakan dengan kandungan nutrisi yang berkualitas untuk mempercepat penyembuhan.
Baca Juga : Pakan Ayam Aduan yang Bagus Berdasarkan Umurnya
Mengatasi anak ayam sakit memang terbilang cukup sulit dan penyembuhan akan sangat bergantung dari jenis penyakit serta pola perawatan yang di berikan oleh peternak. Oleh sebab itu, sebelum anak ayam terkena penyakit yang bisa membahayakan nyawanya. Sebaiknya lakukan langkah-langkah yang bisa mencegah timbulnya penyakit pada anak ayam.

Cara Mencegah Timbulnya Penyakit pada Anak Ayam

  • Bersihkan kandang dengan rutin menggunakan cairan detergen, air garam, alkohol ataupun cairan desinfektan lainnya yang bisa membunuh kuman.
  • Pemberian vaksin pada anak ayam juga sangat efektif untuk mencegah timbulnya penyakit.
  • Rutin menjemur anak ayam di bawah sinar matahari langsung di pagi hari antara pukul 07-10 pagi.
  • Perhatikan suhu pada kandang anak ayam terutama pada anak ayam yang tidak di asuh langsung oleh induknya agar tidak kedinginan.
  • Selain kebersihan kandang, kebersihan tempat pakan dan air minum juga perlu di jaga dengan baik.
  • Pakan yang berkualitas juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak ayam.
Baca Juga : Komposisi dan Cara Membuat Vaksin Alami untuk Ayam
Kesehatan pada anak ayam sebenarnya bisa selalu terjaga asalkan syarat di atas bisa terpenuhi. Meskipun masih banyak para peternak yang sering kali lalai dengan hal-hal di atas, tetapi kesehatan anak ayam bisa tetap normal asalkan pakan serta vaksin anak ayam selalu terjaga. Jika kedua hal ini tercukupi maka tentu saja daya tahan tubuh anak ayam akan lebih baik dan lebih tahan terhadap berbagai macam ancaman serangan penyakit.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil