Langsung ke konten utama

Kelebihan dan Ciri-ciri Ayam Pakhoy Super Istimewa

Kelebihan Ayam Pakhoy, Ayam Pakhoy, Ayam Pakhoy Super, Ayam Pakhoy Brutal
Ayam Pakhoy Tarung

Dalam dunia peternakan ayam aduan, terdapat banyak sekali jenis ras dan trah dari setiap ayam laga yang sering di gunakan di dalam arena. Banyak dari para peternak selalu mencari dan mengembangkan kualitas ayam aduan agar dapat menghasilkan ayam petarung yang mempunyai kualitas juara. Salah satu dari jenis ayam yang paling banyak di minati yakni jenis ayam pakhoy tarung brutal (pemukul setan).

Ayam pakhoy adalah ayam yang berasal dari hasil persilangan antara ayam siam (bangkok) dengan ayam ujung malaysia. Seperti namanya, kata pakhoy berasal dari bahasa thailand yang berarti "pemukul setan". Ayam pakhoy merupakan ayam aduan modern yang memang sengaja di ciptakan untuk menandingi dan membasmi kehebatan dari ayam birma yang terkenal memiliki pola tarung yang indah dan kebanyakan menjaga jarak.

Di Indonesia sendiri, ayam pakhoy kadang juga di sebut dengan nama ayam bangkok selatan, hal ini karena ayam pakhoy memang pertama kali populer di area Thailand yang berbatasan langsung dengan Malaysia sehingga ayam ini juga di sebut sebagai ayam bangkok selatan. Ayam pakhoy begitu populer di Thailand bahkan kepopulerannya tersebut juga sampai ke Indonesia yang juga terkenal dengan dunia sabung ayamnya yang sangat fanatik.

Ayam pakhoy banyak sekali di koleksi karena mempunyai kelebihan yang terbilang super istimewa, baik dari segi teknik maupun dalam hal pukulan. Dengan kelebihan yang di milikinya ini maka ayam pakhoy tidak salah jika di sebut sebagai salah satu jenis ayam aduan terbaik.
Baca Juga : Cara Menambah Bobot Pukul Ayam Aduan Menjadi Super Mematikan

Kelebihan Ayam Pakhoy

  • Ayam pakhoy mempunyai teknik tarung yang sangat brutal.
  • Selalu mendorong dan menempel lawan dengan begitu agresif.
  • Memiliki pukulan yang sangat keras dan cepat.
  • Mempunyai kecepatan yang sangat baik dan tergolong gesit.
  • Ayam pakhoy memiliki struktur tulang dan postur tubuh yang kasar (bentuk tubuh agak mirip dengan ayam bangkok asli).
  • Mempunyai keseimbangan tubuh yang cukup baik.
  • Kecerdasan ayam pakhoy juga di atas rata-rata.
Dari kelebihan tersebut, tidak heran jika ayam pakhoy sangat cocok untuk di jadikan sebagai ayam petarung pembasmi ayam birma ataupun pama sekalipun. Lalu, bagaimana sih bentuk tubuh dan ciri-ciri yang khas dari ayam laga pakhoy super ini?.

Ciri-ciri Ayam Pakhoy

  • Tulangan cukup kasar dan tebal.
  • Postur tubuh hampir mirip dengan ayam bangkok asli.
  • Warna bulu juga kurang lebih sangat mirip dengan ayam bangkok asli.
  • Kaki berwarna kuning ataupun putih, kadang juga memiliki bercak-bercak hitam serta hijau.
  • Bentuk badan seperti botol cukup panjang dengan kepala berbentuk bulat lonjong.
  • Leher panjang dan cukup tebal.
  • Dari segi pola pertarungan, kebanyakan mematuk punggung dan memukul dengan brutal.
Dari segi teknik pertarungan yang selalu agresif dan sangat brutal, maka ayam pakhoy harus memiliki stamina dan mental bertarung yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, hal yang perlu di perhatikan dalam merawat ayam laga pakhoy super adalah stamina dan mental ayam harus menjadi salah satu yang wajib untuk di latih dengan maksimal agar ayam pakhoy tersebut memiliki kualitas yang super istimewa.
Dengan kelebihan serta keistimewaan yang di miliki oleh ayam pakhoy tarung, tentu saja ada banyak sekali teknik persilangan yang selalu di lakukan untuk lebih meng-upgrade lagi teknik tarung ayam pakhoy ini. Beberapa di antaranya yakni silangan antara ayam pakhoy dengan pama/birma (MAKHOY), ayam pakhoy dengan bangkok (PATHAI), ayam pakhoy dengan saigon (PATGOI), ayam pakhoy dengan saigon dan bangkok (PAGONTHAI) ayam pakhoy dengan magon (KHOYNGON), ayam pakhoy dengan trad (KHOYTRAD) serta beberapa hasil persilangan lainnya.

Kesimpulan

Ayam pakhoy bisa dikatakan salah satu trah upgrade modern yang cukup berhasil, dari segi kualitas juga sudah tidak bisa diragukan lagi. Terdapat banyak sekali peternak yang bahkan sangat menyukai teknik dan cara bertarung dari ayam pakhoy ini. Maka tidak salah jika ayam pakhoy juga sangat populer di kalangan peternak dari berbagai kalangan. Oleh sebab itu, bisa disimpulkan jika ayam pakhoy adalah salah satu ayam modern yang memiliki nama dan kualitas yang tidak bisa dipandang remeh.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil