Langsung ke konten utama

Cara Membuat Jamu Kering untuk Ayam Aduan

Jamu kering untuk ayam aduan, cara memberi jamu kering untuk ayam aduan, proses pembuatan jamu kering untuk ayam
Jamu Kering untuk Ayam Aduan

Jamu merupakan salah satu ramuan tradisional yang paling banyak digunakan dan diberikan oleh para peternak kepada ayam aduan mereka. Selain karena jamu berasal dari bahan-bahan herbal alami, jamu juga memiliki manfaat dan khasiat yang lebih maksimal terhadap ayam aduan dengan pemberian yang pas dan tepat tentunya.

Pemberian jamu untuk ayam aduan sebenarnya bukan lagi hal yang baru dalam dunia ternak ayam aduan. Hal ini sudah berlangsung sejak lama hingga menjadi turun-temurun. Oleh sebab itu, khasiat jamu sudah tidak perlu diragukan lagi karena manfaatnya sudah lama dipercaya oleh para peternak senior di Indonesia.

Jamu sendiri memiliki banyak sekali jenis berdasarkan tujuan dan pemanfaatannya. Seperti jamu untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam aduan, jamu untuk meningkatkan stamina ayam aduan ataupun jamu untuk penyembuhan pada luka ayam aduan. Dari setiap tujuan tersebut tentu saja memiliki komposisi bahan pembuatan yang berbeda pula.

Pada dasarnya, pembuatan jamu memiliki komposisi yang hampir sama pada setiap bahan yang digunakan. Umumnya, jamu yang paling sering dibuat yakni jamu untuk perawatan sehari-hari. Jamu tersebut sangat baik dalam menjaga kesehatan ayam aduan serta mampu meningkatkan stamina dan mental ayam secara lebih maksimal.

Jamu rawatan ayam sehari-hari biasanya dibuat dengan jangka waktu penyimpanan yang lebih lama agar pembuatannya tidak memakan waktu dan tenaga setiap hari. Jadi, penggunaannya bisa lebih lama dengan hanya satu kali pembuatan saja. Jamu tersebut dikenal sebagai jamu kering.

Jamu kering merupakan salah satu jamu yang paling banyak digunakan oleh peternak karena lebih praktis dan lebih lama dalam penggunaanya. Selain lebih mudah dalam penyimpanan, jamu kering juga tergolong efektif karena sangat mudah dalam menentukan takarannya untuk diberikan kepada ayam aduan.

Cara membuat jamu kering sebenarnya tidaklah sulit karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang cukup mudah didapatkan di pasar tradisional bahkan di dapur sekalipun.

Cara Membuat Jamu Kering untuk Ayam Aduan

  • Bahan

  1. Kunyit
  2. Jahe Merah
  3. Lengkuas (laos)
  4. Kencur
  5. Temu lawak
  6. Temu Ireng
  7. Kayu Manis
  8. Serai (sere)
  9. Daun Kelor
  10. Daun Jeruk Purut
  11. Madu
  12. Kuning Telur Bebek

  • Cara Membuat

  1. Bersihkan terlebih dahulu semua bahan yang akan digunakan (bisa dengan menggunakan air hangat).
  2. Haluskan keseluruhan bahan selain madu dan juga kuning telur bebek.
  3. Setelah semua bahan telah halus, campurkan kedalam satu wadah.
  4. Aduk hingga merata sambil diberi madu dan kuning telur bebek.
  5. Pemberian madu dan kuning telur bebek sebaiknya tidak terlalu banyak (hanya sampai keseluruhan bahan bisa menyatu karena fungsi madu dan kuning telur bebek salah satunya untuk merekatkan keseluruhan bahan-bahan tersebut).
  6. Jika seluruh bahan dirasa sudah bisa menyatu dengan baik, maka selanjutnya bisa dibentuk seperti bulatan-bulatan kecil (bisa juga seukuran ujung jari kelingking).
  7. Jemur jamu yang telah dibuat di bawah sinar matahari langsung hingga mengeras sempurna.
  8. Setelah kering sempurna, jamu sudah bisa digunakan dan disimpan lebih lama.
Jamu kering di atas merupakan jamu yang sangat baik digunakan dalam berbagai kondisi, baik dalam perawatan sehari-hari, untuk persiapan adu ataupun dalam proses penyembuhan luka dan peningkatan mental ayam aduan.
Baca Juga : Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Biar Ganas

  • Cara Pemberian

Pemberian jamu kering tersebut cukup dengan sekali dalam sehari saat sore setelah ayam diberi makan agar penyerapannya bisa lebih maksimal. Jamu di atas bisa diberikan untuk ayam aduan yang berusia minimal 4 bulan ke atas dengan porsi yang berbeda setiap usia. Untuk ayam aduan berusia 4-7 bulan cukup diberi satu butir dalam 3 hari, sementara untuk ayam yang lebih dewasa bisa diberikan setiap hari selama dalam proses perawatan. Selain itu, jamu tersebut juga bisa diberikan kepada ayam aduan pemacek atau ayam jantan yang sedang dalam masa kawin untuk meningkatkan stamina dan produktifitas yang lebih baik lagi.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil