Langsung ke konten utama

Tips dan Manfaat Penjemuran untuk Ayam Aduan

Penjemuran pada Ayam Aduan, Manfaat Menjemur Ayam, Tips Menjemur Ayam Aduan
Penjemuran pada Ayam Aduan

Dalam setiap perawatan ayam aduan, tentunya setiap botoh memiliki cara serta tips yang berbeda-beda. Namun, tentunya dengan tujuan yang sama yakni untuk memilki ayam aduan terbaik di dalam arena. Tidak jarang pula dari kita tidak puas hanya dengan perawatan itu itu saja sehingga selalu ingin menambah dan memperbaharui ilmu yang selama ini kita terapkan demi memiliki pengetahuan terbaik dalam merawat ayam aduan.

Sebenarnya, dalam setiap bentuk perawatan yang kita berikan kepada ayam mempunyai tujuan dan hasil yang berbeda pula, salah satu bentuk rawatan yang paling sering dilakukan adalah penjemuran, baik di pagi ataupun sore hari tergantung dari waktu dan kesempatan yang dimiliki oleh para peternak yang tidak memiliki waktu banyak karena urusan pekerjaan lain.

Penjemuran ini tentunya tidak bisa juga diberikan secara asal-asalan kepada ayam karena bisa berdampak buruk untuk kondisi ayam tersebut. Tentunya dengan cara dan durasi yang tepat maka akan membuat rawatan ini menjadi lebih maksimal.

Tujuan utama dari penjemuran ayam aduan adalah untuk memperpanjang nafas serta lebih menyempurnakan kinerja dari paru-paru serta detak jantung dari ayam tersebut. Namun bukan hanya itu saja, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh ayam aduan jika dilakukan penjemuran secara tepat.

Manfaat lain yang bisa di dapatkan antara lain kulit ayam menjadi lebih merah yang merupakan salah satu tanda bahwa ayam dalam kondisi yang sehat dengan peredaran darah yang lancar, ayam aduan juga mendapatkan asupan vitamin D secara cuma cuma dari sinar matahari pagi ataupun sore, selain itu sinar matahari juga mampu membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada kulit dan bulu ayam, serta bisa meningkatkan sistem imun tubuh ayam aduan sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit dan juga penjemuran ini terbukti mampu membakar lemak pada tubuh ayam aduan secara efektif.

Biasanya, efektifitas dari penjemuran pada ayam aduan sangatlah bergantung pada tata cara serta berapa lama durasi yang dibutuhkan dalam setiap kali menjemur ayam aduan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menjemur ayam aduan agar bisa berdampak baik bagi kondisi kesehatan tubuh ayam aduan tersebut.
Baca Juga : Daun Pepaya Jepang, Manfaat serta Efek Sampingnya untuk Ayam Aduan

Cara Menjemur Ayam Aduan

Setiap peternak tentu memiliki pendapat yang berbeda tentang durasi yang tepat dalam melakukan penjemuran, dari sekian banyak pendapat rata-rata banyak yang mengatakan durasi bisa ditentukan dari umur serta rutinitas dari ayam aduan tersebut.

Ayam yang baru pemula atau masih pertama kali dijemur sebaiknya durasi yang diberikan cukup 15 sampai 30 menit saja atau ketika ayam mulai terlihat ngos-ngosan. Sebaiknya penjemuran dilakukan pada saat pagi hari sekitar pukul 7 sampai 9 agar lebih maksimal. Durasi tersebut sudah cukup untuk bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari sinar matahari dan agar ayam tidak kaget dengan penjemuran pertama kali, lakukan hal ini setiap hari dan durasi boleh ditingkatkan sesuai dengan semakin seringnya ayam dijemur.

Jika ayam aduan sudah semakin terbiasa dengan penjemuran, maka sebaiknya durasi bisa ditingkatkan hingga dalam waktu 30 menit sampai dengan 1 setengah jam.

Cara penjemurannya seperti biasa, ayam aduan bisa diberikan senam atau latihan fisik terlebih dahulu sebelum melakukan penjemuran, kemudian dimandikan untuk membersihkan dan agar badan ayam aduan tidak cepat panas pada saat proses penjemuran berlangsung. Ayam di tempatkan di dalam kurungan yang agak lebar dengan menggunakan alas agar ayam tidak melakukan kipu (mandi tanah). Disini ayam tidak dibiarkan kipu karena akan membuat ayam kembali kotor setelah dimandikan tadi.

Setelah proses penjemuran dirasa sudah cukup maka angkat ayam ke tempat yang lebih teduh untuk mendinginkan badan dari ayam tersebut, jangan langsung diberikan air minum karena akan membuatnya menjadi ngorok. Berikan air minum disaat suhu badan ayam telah menjadi normal serta mulutnya sudah tidak terbuka lagi atau ngos-ngosan. Lakukan penjemuran ini setiap hari agar lebih maksimal terhadap kondisi dari ayam aduan tersebut.

Kesimpulan

Proses penjemuran merupakan proses yang bisa meningkatkan kondisi fisik maupun psikis dari ayam aduan. Hal ini akan mampu meningkatkan kebugaran dari ayam aduan menjadi lebih baik lagi. Oleh sebab itu, manfaat dari penjemuran ayam aduan ini tidak bisa dipandang remeh karena bisa dikatakan bahwa penjemuran pada ayam aduan sangatlah penting, maka dari itu lakukan penjemuran ayam dengan baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil