Langsung ke konten utama

Daun Pepaya Jepang, Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Ayam Aduan

Daun Pepaya Jepang, Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Ayam Aduan
Daun Pepaya Jepang

Daun pepaya jepang atau dalam bahasa latin cnidoscolus aconitifolius (cnidoscolus chayamansa) di Indonesia lebih sering di jadikan sebagai sayuran untuk menjadi makanan pendamping nasi. Walaupun daun pepaya jepang juga banyak yang takut untuk mengkonsumsinya karena terkenal beracun dan tidak baik untuk pencernaan manusia jika salah dalam mengolahnya. Namun, siapa sangka jika daun pepaya jepang ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat jika di konsumsi secara benar.

Jika berbicara tentang kandungan nutrisi pada daun pepaya jepang, maka tentu saja hal ini tidak bisa diragukan lagi. Daun pepaya jepang memiliki kandungan nutrisi yang sedikit berbeda dengan daun pepaya biasa. Daun pepaya jepang memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan lebih tinggi dari daun pepaya biasa. Bahkan, daun pepaya jepang juga di sebut sebagai makanan "super food" atau makanan yang mempunyai nutrisi tinggi.
Baca Juga : 5 Manfaat Daun Pepaya untuk Ayam Aduan
Lalu, apa saja manfaat daun pepaya jepang untuk ayam aduan?, berikut ulasannya.

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Ayam Aduan

Daun pepaya jepang bukan hanya memiliki manfaat untuk manusia saja. Namun, manfaatnya juga bisa di rasakan oleh ayam aduan seperti di bawah ini.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ayam Aduan

Pemberian daun pepaya jepang pada ayam aduan mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun ayam aduan secara lebih baik lagi. Kandungan vitamin c yang sangat tinggi di dalam daun pepaya jepang mampu berguna sebagai antioksidan yang tentu saja sangat baik dalam menjaga tubuh ayam aduan.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Daun pepaya jepang memiliki kandungan serat yang juga di sebutkan sangat tinggi, bahkan kandungan serat yang terdapat pada daun pepaya jepang lebih tinggi sekitar 111% dari bayam. Tentu saja hal ini sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan ayam aduan.

  • Menambah Kekuatan Otot Ayam Aduan

Kandungan protein yang terbilang cukup tinggi di dalam daun pepaya jepang ternyata mampu meningkatkan massa otot ayam aduan dengan lebih cepat. Hal ini sangat berguna bagi ayam lancuran yang membutuhkan asupan protein yang lebih besar. Selain itu, protein dari daun pepaya terbilang sangat aman selama dalam batas yang wajar karena protein dari daun pepaya jepang merupakan protein nabati (protein yang berasal dari tumbuhan).

  • Meningkatkan Kesehatan Mata Ayam Aduan

Pemberian daun pepaya jepang pada ayam aduan ternyata juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata pada ayam aduan. Hal ini di sebabkan oleh adanya kandungan vitamin a yang cukup tinggi di dalam daun pepaya jepang. Pemberian daun pepaya dengan tepat akan sangat membatu dalam menunjang kesehatan mata pada ayam 
aduan dengan lebih baik lagi.

  • Meningkatkan Nafsu Makan Ayam Aduan

Sudah tidak di ragukan lagi jika daun pepaya jepang merupakan salah satu alternatif pakan yang bisa di gunakan dalam meningkatkan nafsu makan ayam aduan. Selain kandungan nutrisi yang cukup lengkap, daun pepaya jepang juga bisa berguna sekaligus sebagai penambah nafsu makan ayam aduan.

  • Sebagai Obat Cacing pada Ayam Aduan

Daun pepaya sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu obat pembasmi cacing pada sistem pencernaan ayam aduan yang terbilang efektif. Oleh sebab itu, pemberian daun pepaya jepang akan sangat baik dalam meningkatkan kesehatan pencernaan ayam aduan, terutama dalam menangkal penyakit cacingan pada ayam aduan.

  • Mencegah Penyakit Kuning pada Ayam Aduan

Kandungan zat besi pada daun pepaya jepang sangat berguna dalam meningkatkan kebutuhan zat besi pada ayam aduan. Kekurangan zat besi yang cukup signifikan pada ayam aduan akan mengarah kepada timbulnya penyakit kuning. Salah satu hal yang dapat di lakukan untuk menghindari penyakit kuning pada ayam aduan adalah dengan mencukupi kebutuhan zat besi pada ayam aduan.

Terlihat sangat banyak sekali manfaat daun pepaya jepang untuk ayam aduan. Namun, siapa sangka jika salah dalam mengolah dan pemberiannya maka bisa berakibat buruk pada kesehatan ayam aduan.

Efek Samping Daun Pepaya Jepang untuk Ayam Aduan

Selain manfaat, daun pepaya jepang juga memiliki efek samping jika salah dalam pemberiannya. Kandungan sianogen glikosida yang terdapat pada daun pepaya jepang dapat melepaskan racun yang disebut hidrogen sianida (HCN). HCN ini adalah senyawa yang mampu menghambat penyerapan oksigen terhadap sistem organ ayam aduan terutama pada organ yang sangat berhubungan dengan oksigen yakni jantung dan paru-paru serta sistem pernafasan ayam aduan lainnya. Namun, dengan melakukan pengolahan dan pemberian dengan dosis yang tepat maka efek samping ini bisa di minimalisir dan tidak berbahaya pada ayam aduan.
Baca Juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Kuning yang Menyerang Ayam

Cara Pemberian

Cara pemberian yang tepat dan aman untuk di berikan pada ayam aduan yakni dengan memasak atau merebus daun pepaya jepang di dalam air mendidih selama kurang lebih 20 menit. Batas waktu ini dirasa sudah cukup untuk mengurangi kandungan kadar HCN yang ada di dalamnya. Meskipun begitu, pemberian daun pepaya jepang tidak boleh terlalu berlebihan karena kandungan HCN di dalam daun pepaya jepang masih akan tetap ada meskipun sudah di masak dengan lama. Ini karena proses memasaknya hanya akan mengurangi kandungan HCN yang ada di dalamnya bukan melenyapkan.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil