Langsung ke konten utama

Manfaat Penggunaan Kopi Bubuk untuk Ayam Aduan

Cara Pemberian Kopi Bubuk untuk Ayam Aduan, Manfaat Kopi untuk Ayam, Manfaat Kopi untuk Ayam Bangkok Aduan
Khasiat kopi bubuk untuk ayam aduan

     Penggunaan kopi bubuk untuk ayam aduan bukan lagi hal yang jarang dilakukan oleh sebagian peternak di Indonesia. Hal ini sudah berlangsung sejak lama dan menjadi turun temurun hingga sekarang, banyak dari para peternak meyakini jika penggunaan bahan herbal jauh lebih baik dari pada menggunakan bahan kimia pabrik. Oleh sebab itu, penggunaan kopi bubuk diyakini memiliki manfaat yang lebih efektif serta lebih aman karena kopi termasuk ke dalam bahan herbal (alami).

     Jika selama ini kopi hanya di kenal sebagai salah satu minuman favorit dan hanya memiliki manfaat saja bagi manusia, maka tentu saja hal ini juga berlaku untuk ayam aduan. Kopi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk ayam aduan karena kandungan dan khasiat dari kopi juga sudah banyak di buktikan oleh para peternak yang telah memberikan kopi kepada ayam aduan milik mereka.

Manfaat Kopi Bubuk untuk Ayam Aduan

  • Menambah Stamina Ayam Aduan

Kopi sangat terkenal dengan kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein dalam kopi sangat berguna dalam menjaga dan meningkatkan stamina ayam aduan lebih baik lagi, ini karena salah satu dari fungsi kafein yakni bisa memecah lemak dalam tubuh ayam aduan menjadi energi yang bisa digunakan ayam untuk beraktivitas ataupun saat ayam aduan akan bertarung.
Baca Juga : Khasiat serta Manfaat Gula Merah dan Asam Jawa untuk Ayam Bangkok Aduan

  • Memperbaiki Sistem Metabolisme Ayam Aduan

Selain dapat meningkatkan energi, kafein dalam kopi juga ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh ayam aduan karena menghasilkan energi yang akan membuat proses pencernaan dan pembakaran lemak akan menjadi lebih cepat. Oleh sebab itu, pemberian kopi bubuk untuk ayam aduan tentu saja sangat baik dalam memperbaiki sistem metabolisme tubuh ayam aduan.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Kandungan dalam kopi bubuk juga bisa meningkatkan kinerja organ pencernaan sehingga sistem pencernaan ayam aduan menjadi lebih baik lagi. Kopi dapat menstimulasi cairan dalam pencernaan ayam sehingga penyerapan nutrisi akan lebih baik lagi. Selain itu, kopi juga terbukti mampu menyerap bakteri dan cairan dalam feses ayam sehingga akan mengurangi resiko penyakit diare (mencret) pada ayam aduan.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka pada Ayam Aduan

Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mempercepat dan mencegah terjadinya infeksi pada luka ayam aduan. Cara mengobati luka ayam aduan dengan menggunakan kopi bubuk pun sangat mudah. Pertama bersihkan luka menggunakan air hangat kemudian keringkan dengan kain bersih, setelah itu taburi permukaan luka pada tubuh ayam dengan menggunakan kopi bubuk. Ingat, kopi bubuk bukan ampas kopi (kopi yang telah diseduh). Biasanya, hanya dalam beberapa hari saja luka akan mengering dan akan sembuh lebih cepat.

     Penggunaan kopi bubuk untuk ayam aduan memang terbilang baik jika di lihat dari beberapa manfaatnya di atas selama dosis pemberian juga tidak berlebihan. Oleh sebab itu berikan kopi bubuk pada ayam aduan dengan rentan waktu dan dosis yang tepat agar hasilnya pun lebih aman dan maksimal, pemberiannya yakni cukup satu kali dalam seminggu. Sekian semoga bermanfaat dan salam satu hobi.

Komentar

  1. Cara pemberiannya gimana min...maklum pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung diberikan dengan cara dilolohkan sekitar setengah sdm, atau jika dalam penggunaan luka luar bisa dengan langsung saja ditaburi ke area luka.

      Hapus

Posting Komentar

Kritik dan Saran silakan pada Kolom yang telah disediakan

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil