Langsung ke konten utama

Kelebihan Katuranggan Ayam Jengger Mawar

Kelebihan ayam jengger mawar, ayam aduan jengger mawar, jengger mawar
Gambar : pixabay

Ilmu katuranggan dalam dunia ternak ayam aduan memang sangat menarik sekali untuk dibahas dan dipelajari. Setiap peternak di Indonesia sangat banyak sekali yang masih menjadikan ilmu katuranggan sebagai salah satu referensi dalam menilai kualitas yang dimiliki oleh ayam aduan. Ilmu katuranggan memang sudah tidak bisa dipisahkan dari ayam aduan karena hal ini telah berlangsung sejak lama dan turun temurun. Oleh sebab itu, banyak dari para peternak yang menganggap jika hal ini cukup penting untuk dimiliki oleh setiap ayam aduan.

Sebagian peternak menganggap jika setiap ayam aduan yang memiliki kualitas juara tentu saja mempunyai sebuah kelebihan yang tidak dimiliki oleh ayam aduan dengan kualitas yang biasa saja. Dalam hal katuranggan salah satunya, katuranggan bukan hanya dianggap sebagai salah satu penanda sebuah kualitas dari ayam aduan tetapi juga bisa diartikan sebagai ciri khas yang tidak banyak dimiliki oleh setiap ayam aduan.

Ilmu katuranggan sendiri mempunyai beberapa bagian seperti katuranggan sisik kaki, katuranggan bulu dan warna, katuranggan muka dan jengger serta katuranggan lainnya. Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang jenis katuranggan jengger yakni katuranggan ayam jengger mawar. Ayam jengger mawar merupakan salah satu jenis ayam aduan yang cukup sulit untuk ditemukan di Indonesia, tetapi sangat mudah ditemukan Di Thailand ataupun Malaysia karena memang ayam jengger mawar dikatakan berasal dari kedua negara tersebut.

Di Indonesia sendiri, ayam jengger mawar banyak dicari oleh para peternak karena ayam jenis ini dianggap sebagai salah satu ayam aduan dari golongan ayam juara, hal ini ditandai dengan bentuk jengger yang menyerupai mahkota tersebut. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama dalam menilai kualitas setiap ayam aduan.

Lalu, apa saja kelebihan dari katuranggan ayam aduan yang mempunyai jengger mawar?, berikut penjelasannya.
Baca Juga : 3 Perbedaan Jengger Ayam Jantan dan Betina

Kelebihan Ayam Jengger Mawar


  • Ayam jengger mawar dikenal memiliki mental yang cukup baik dan pantang menyerah
  • Memiliki daya tahan terhadap pukulan lawan yang sangat baik
  • Lincah dan agresif sehingga cukup sulit untuk dipukul dan sangat baik dalam mencari celah
  • Mempunyai pola permainan yang tidak monoton dan selalu bergerak dengan agresif
  • Memiliki keseimbangan tubuh yang cukup baik
  • Daya kecerdasan ayam jengger mawar juga sangat baik dalam menentukan strategi yang efektif
Berdasarkan dengan katuranggan dari ayam jengger mawar di atas memang tergolong istimewa. Hal inilah yang membuat ayam jengger mawar cukup populer di negara asalnya, baik dijadikan sebagai ayam aduan petarung ataupun sebagai pemacek di kandang. Namun, hal di atas hanyalah kelebihan dari sudut pandang ilmu katuranggan saja. Semua kembali lagi kepada setiap peternak ingin menilai seperti apa ayam jengger mawar tersebut. Pada dasarnya, kemampuan dan kualitas setiap ayam aduan ditentukan oleh banyak faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Intinya tetap hargai setiap perbedaan pendapat dan ilmu katuranggan sebagai salah satu warisan yang sangat berharga dan patut untuk dijaga sebagai bahan referensi dalam menilai kualitas setiap ayam aduan.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil