Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Ayam Aduan yang Pucat dengan Bahan Alami

Ayam Pucat, Muka Ayam Pucat, Menyembuhkan Ayam yang Pucat
Muka Pucat pada Ayam Aduan

Ayam aduan merupakan salah satu hobi yang cukup populer di Indonesia, bahkan tidak sedikit juga hobi ini banyak digemari oleh kalangan anak-anak. Selain karena memang memiliki keunikan tertentu, ayam aduan juga tergolong hobi yang sangat menarik dari segi bisnis jika dijadikan sebagai ladang usaha seperti jual beli ayam aduan ataupun peralatan dan pakan dari ayam aduan itu sendiri.

Sebenarnya, ayam aduan cukup mudah untuk di rawat selama kita mengetahui cara yang tepat hingga perawatan di saat ayam aduan tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan (sakit). Bukan hal yang aneh jika ayam aduan tersebut mengalami gangguan kesehatan, selain karena ayam memang merupakan salah satu hewan yang termasuk kedalam kategori unggas yang selalu dekat dengan lingkungan yang kotor, ayam juga merupakan hewan yang cukup rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Pada umumnya, ayam aduan yang terserang suatu penyakit akan menimbulkan berbagai macam tanda-tanda yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam menentukan sebuah penyakit yang sedang menyerang ayam aduan tersebut. Salah satu tanda-tanda yang sering kali muncul adalah wajah ayam terlihat pucat seakan tidak memiliki banyak darah di setiap permukaan muka ayam tersebut.

Muka ayam aduan yang seringkali terlihat pucat merupakan hal yang sering terjadi. Muka pucat ini bisa dijadikan sebagai salah satu pertanda bahwa ayam tersebut sedang mengalami sesuatu yang tidak baik pada kesehatannya (bisa sebagai pertanda sakit) apabila berlangsung dengan waktu yang cukup lama.

Muka pucat ini merupakan suatu pertanda penyakit yang harus segera diatasi agar tidak berdampak lebih parah lagi. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan jika muka ayam ini dirasa mengalami pucat yang tidak normal yang juga ditandai dengan kondisi tubuh ayam menjadi lemas yakni mencari tahu terlebih dahulu penyebab atau mencari tahu penyakit apa yang sedang dilanda oleh ayam aduan tersebut.

Terdapat beberapa jenis penyakit yang bisa membuat muka ayam menjadi pucat diantaranya cacingan, penyakit kuning, penyakit tembolok, ngorok serta berbagai macam penyakit lainnya. Selain dari penyakit, faktor fisik dan mental juga bisa mempengaruhi hal ini seperti kelelahan dan leres (jatuh mental). Oleh sebab itu, dalam mengobati muka pucat pada ayam aduan yakni dengan mengobati penyakit yang sedang menyerang ayam terlebih dahulu.

Jika muka ayam aduan masih terlihat pucat namun tidak memiliki gejala penyakit lainnya atau bahkan sama sekali tidak memiliki penyakit maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik ataupun jamu yang bisa disimak melalui pembahasan cara membuat jamu kering untuk ayam aduan.

Pemberian makanan dengan nutrisi yang baik akan sangat berguna dan mempercepat muka ayam kembali normal. Salah satu sumber nutrisi yang mampu menyembuhkan muka pucat pada ayam aduan terdapat pada daging bekicot. Selain itu, jamu juga sangat efektif dalam mengembalikan kondisi ayam aduan menjadi lebih baik lagi.

Pada dasarnya, muka ayam aduan yang pucat ini bisa diatasi dengan berbagai macam bahan-bahan alami selain dari jamu dan nutrisi. Bahan alami ini sangat efektif dalam menunjang kesehatan ayam menjadi lebih baik terutama dari muka pucat. Bahan-bahan tersebut antara lain.

Bahan Alami dalam Mengobati Muka Pucat pada Ayam Aduan

  • Jahe
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Daun Kelor
  • Daun Pepaya Muda
  • Daun singkong
  • Tomat
  • Gula Merah

Cara Membuat dan Pemberiannya

Campurkan keseluruhan bahan diatas sebagai pakan utama, berikan air secukupnya agar mudah disatukan serta lebih mudah tercampur. Berikan kepada ayam aduan setiap sore hari bersamaan dengan pakan utama sampai muka ayam kembali normal. Selain dapat menyembuhkan muka pucat pada ayam aduan, ramuan diatas juga sangat baik dalam menunjang kesehatan fisik dan mental ayam aduan.

Komentar

Artikel Lainnya

Populer

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan biar Ganas

Jamu Ayam Aduan Permisi rekan-rekan botoh sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jamu ayam aduan biar ganas. Mungkin dalam setiap pertarungan di arena sabung bukan lagi hal yang tabu tentang pemberian jamu kepada ayam aduan. Dalam pemberian jamu ini tentunya mempunyai maksud dan tujuan agar ayam aduan bisa memiliki kondisi yang lebih prima serta lebih bugar, baik dalam hal fisik maupun mental sang ayam. Selain faktor teknik dan pertahan yang harus dimiliki oleh setiap ayam aduan, kedua faktor tersebut sangat membutuhkan dukungan dari kondisi kesehatan dan mental yang bagus pula untuk menunjang stamina ayam tetap terjaga. Dengan pemberian jamu yang tepat dan tidak berlebihan maka diharapkan ayam akan memiliki kualitas yang sangat baik. Dari sekian banyak jamu yang telah beredar dipasaran tidak jarang juga masih banyak saja botoh yang ingin membuat jamu sendiri, termasuk saya pribadi. Alasannya selain kita lebih bisa memastikan komposisi herb

Cara Memerahkan Kulit Ayam Aduan Yang Tepat

     Dalam dunia ternak ayam, khususnya ayam aduan. Tentunya setiap botoh menginginkan ayam yang selalu mempunyai kondisi fisik dan mental yang baik, namun dalam merawat ayam aduan ini tidak bisa dikatakan mudah karena butuh kesabaran dalam perawatannya. Ya maklum saja mengingat ayam termasuk kedalam salah satu hewan yang selalu identik dengan hal yang jorok, jadi akan sulit untuk merawat ayam aduan jika kita tidak sabar.        Banyak yang mengatakan jika salah satu ciri-ciri umum dari ayam aduan yang mempunyai kondisi fisik yang sehat adalah warna kulit pada ayam tersebut menjadi merah merona. Akan tetapi, selain menjadi salah satu ciri dari ayam yang memiliki kondisi fisik yang sehat, warna kulit yang merah juga menandakan bahwa ayam aduan tersebut sudah dalam keadaan siap untuk diadu.        Tentu saja warna kulit yang merah ini tidak bisa didapatkan oleh ayam aduan hanya dalam waktu yang singkat apalagi jika hanya dengan perawatan yang tidak tepat. Dibutuhkan perawatan yan

Cara Menangani Tembolok Ayam yang tidak Turun

Gambar : Pixabay Permisi teman-teman sehobi, kali ini kita akan kembali dengan pembahasan tentang cara menangani tembolok ayam yang tidak turun. Penyakit ini sebenarnya salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, baik pada ayam broiler, petelur bahkan ayam aduan sekali pun. Dalam kasus ini banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut, seperti bakteri yang menyerang tembolok, pakan yang mengeras di dalam saluran tembolok, karet, plastik, besi, rumput yang terlalu panjang serta beberapa hal lainnya. Tembolok yang tidak turun ini sebenarnya bukanlah salah satu penyakit yang berbahaya namun dapat menimbulkan kematian bila berlangsung lama dan tidak segera dilakukan pengobatan. Penyakit ini biasanya menyerang ayam yang diumbar karena penyakit ini sebenarnya timbul berdasarkan apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam menangani penyakit ini bisa dibilang cukup mudah namun harus dilakukan pengobatan berdasarkan gejala dan penyebab yang timbul. Secara umum, pengobatan bisa dil